KAJIAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN LAMA IBU MENYUSUI DI SUKOHARJO

. Indarwati

Sari

Air susu ibu secara umum diakui baik untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi. Menyusui merupakan kunci kelangsungan hidup spesies manusia.  Kenyataan yang ada di Indonesia angka  menyusui secara  umum adalah tinggi 94%, akan tetapi jika kita lihat lama menyusui ada kecenderungan menurun. Pemakaian alat kontrasepsi di Kabupaten Sukoharjo pada  pemakaian alat kontrasepsi hormonal seperti suntik mengalami peningkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan metode kontrasepsi non hormonal.  Selain data tersebut dari hasil  survey pendahuluan di Sukoharjo tentang  menyusui ditemukan bahwa prevalensi ibu menyusui 94% dan median lama ibu menyusui 18 bulan.

Tujuan secara umum adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan kontrasepsi hormonal selama menyusui dengan lamanya ibu menyusui di Sukoharjo.

Design crossectional pada  161 ibu yang mempunyai anak balita. Hasil Analisis multivariable dengan uji regresi logistic menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal  dengan lama ibu menyusui dengan p = 0.002 Probabilitas ibu untuk menyusui hingga paling sedikit umur dua tahun atau lebih, lebih besar pada ibu  yang menggunakan kontrasepsi hormonal

 

Keywords: kontrasepsi, lama menyusui

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.