PERKEMBANGAN USIA MEMPENGARUHI KEKUATAN OTOT PUNGGUNG PADA ORANG DEWASA USIA 40-60 TAHUN

ari sapti

Sari

ABSTRAK

Latar belakang: Bertambahnya umur seseorang pada usia dewasa diikuti perusakan jaringan-jaringan tubuh yang menyebabkan penurunan kemampuan fisik yang terjadi yaitu penurunan pada kekuatan otot punggung yang berpengaruh pada aktivitas. Penurunan kemampuan melakukan aktivitas dan kemampuan kerja menjadi menurun disebabkan oleh penurunan fungsi fisiologis, neurologis, dan kemampuan fisik terjadi sesudah umur antara 30 sampai 40 tahun dengan irama yang  berbeda untuk setiap orang. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh usia terhadap kekuatan otot punggung pada orang dewasa usia 40-60 tahun. Metode penelitian: observasional dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah laki-laki dan perempuan usia 40-60 tahun di daerah Kecamatan Jebres yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 30 responden. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Spearman’s rho. Hasil penelitian: uji Spearman’s rho menunjukkan hasil p= 0,011 < 0,05 yang berarti bahwa usia berpengaruh terhadap kekuatan otot punggung pada orang dewasa usia 40-60 tahun.

 

Kata Kunci

Kata kunci: kekuatan otot punggung, orang dewasa usia 40-60 tahun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Goldspink, Geoffrey. 2011. Age-Related Loss of Muscle Mass and Strength. Journal of Aging Research. Volume 2012,

Martono, H. 2011. Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut). Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Mase, Kyoushi., Kamimura, Hiromitu., Imura, Sigeyuki., & Kitagawa, Kaoru. 2006. Effect of Age and Gender on Muscle Function-Analysis by Muscle Fiber Conduction Velocity. J. Physical Therapy Science. 18:81-87, 2006.

Mubarak, W. I., Chayatin, N., & Santoso, B. A. 2009. Ilmu Keperawatan Komunitas Pengantar dan Teori Buku I. Jakarta: Salemba Medika

Pudjiastuti, S., & Utomo, B. 2003. Fisioterapi pada Lansia. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Whiting WC, Zernicke. 2008. Biomechanis of Musculoskeletal Injury: Tissue Biomechanics and Adaptation. 2nd Ed. United States of America: Sheridan Books.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.