HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGATASI PASIEN GADUH GELISAH DI RUANG IGD DAN ASOKA RUMAH SAKIT ERNALDI BAHAR SUMATERA SELATAN PALEMBANG TAHUN 2017

Widya Arisandy

Sari

Dari data World Health Organization ( WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah  menjadi masalah yang sangat serius. WHO ( 2001 ) menyatakan, 1 dari 4 orang atau sekitar 450 juta orang  di dunia terganggu  jiwanya. Dari data medical record di rumah sakit ernaldi bahar kasus gangguan jiwa pada tahun 2012 berjumlah  5.092  jiwa dan pada tahun 2013 mengalami peningkatan sebanyak 5.600 jiwa. Setelah di lakukan studi awal terdapat 4.102 jiwa yang mengalami gangguan jiwa terhitung dari bulan Januari sampai bulan September 2016.    

                Penelitian ini menggunakan metode desain deskriptik analitik yaitu suatu metode penelitian yang di lakukan dengan  tujan untuk mengetahui hubungan Karakteristik Perawat dengan Tingkat Kecemasan dalam Mengatasi Pasien gaduh Gelisah di Ruang IGD dan Ruang Asoka Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan Palembang Tahun 2017. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017 dengan responden berjumlah 26 orang merupakan perawat di ruang IGD dan Ruang Asoka Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan.

                Berdasarkan Hasil Penelitian yang ada, saran untuk perawat diharapkan agar dapat meningkatkan pengetahuan perawat tentang tingkat kecemasan perawat dalam merawat pasien dengan gangguan perilaku kekerasan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi , 2010, Manajemen Penelitian, Rineka Cipta : Jakarta

Damaiyanti Mukhripah & Iskandar. 2012. Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandang : PT Refika Aditama.

Direja, Ade Herman Surya, 2011. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Nuha Medika

Judith M, Wilkinson. 2013. Buku Saku Diagnosis Keperawatan. Jakarta : EGC

Nasir, Abdul & Abdul Muhith, 2011. Dasar Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta : Sumatera Salemba Medika

Nasir, Abdul & Abdul Muthith. 2011. Dasar Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta PT Refika Aditama

Notoatmodjo. S, ( 2007 ). Metedologi Penelitian Kesehatan Kesehatan Petunjuk Praktis Bagi Pemula

Notoatmodjo. S, (2010 ). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Rineka Cipta. Jakarta Palembang

Yosep, Iyus & Titin. 2014. Buku Ajar Keperawatan Jiwa dan Advance Mental Health Nursing. Bandung : PT Refika Aditama. Cet. Ke-6

Yosep Iyus. 2011. Keperawatan Jiwa. Bandung :PT Refika Aditama. Cet. Ke-4

Wiranta, Made, 2009, Tingkat Kecemasan, Rineka, Jakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.